Mata Kuliah Teknik Pertambangan, Silahkan Dibaca

Berikut ini adalah beberapa mata kuliah teknik pertambangan yang umumnya diajarkan kepada mahasiswa. Simak penjelasannya!

1. Kalkulus

Mata kuliah teknik pertambangan yang satu ini membicarakan berkenaan rancangan dan aplikasi dari kalkulus diferensial dan integral di dalam bidang pertambangan. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan limit, turunan, integral, dan aplikasinya di dalam bidang pertambangan.

2. Fisika Dasar

Membahas berkenaan rancangan dasar fisika, seperti mekanika, termal, listrik, magnet, dan optik. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan prinsip-prinsip fisika yang perihal bersama dengan industri pertambangan.

3. Pengantar Teknologi Sumberdaya Bumi

Mata kuliah yang beri tambahan pengenalan berkenaan sumber energi bumi dan teknologi yang digunakan untuk mengeksplorasi dan memanfaatkannya. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan beragam tipe sumber energi bumi, seperti mineral, batu bara, minyak bumi, dan gas alam.

4. Geologi Dasar

Mempelajari dan membicarakan berkenaan prinsip-prinsip geologi dan konsep-konsep dasar di dalam geologi. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan struktur dan komposisi bumi, dan juga langkah mengidentifikasi sumber energi mineral.

5. Matematika Teknik

Umumnya mempelajari berkenaan rancangan dasar matematika, seperti aljabar linear, matriks, statistik, dan optimasi. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan langkah memanfaatkan matematika untuk memecahkan persoalan teknik pertambangan.

6. Eksplorasi Tambang

Jurusan ini merupakan tidak benar satu jurusan yang mempelajari perihal teknik dan metode untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi sumber energi mineral. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan teknologi geofisika, penginderaan jauh, dan teknik pemetaan di dalam eksplorasi tambang.

7. Manajemen Pertambangan

Secara umum, hal yang dipelajari adalah seperti manajemen sumber energi manusia, keuangan, dan operasional di dalam industri pertambangan. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan trik manajemen dan kebijakan yang diterapkan di dalam industri pertambangan.

8. Hukum Pertambangan dan Ketenagakerjaan

Mata kuliah ini membicarakan berkenaan ketetapan dan hukum yang perihal bersama dengan industri pertambangan, termasuk dukungan hukum bagi pekerja pertambangan dan dukungan lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari berkenaan ketetapan dan hukum yang berlaku di Indonesia dan di tingkat internasional perihal industri pertambangan.

Sumber refernsi : jual dump truck