Nih Dia Dump Truck Si Monster Pengangkut Material Tambang

Dump truck adalah tidak benar style monster pengangkut material tambang yang digunakan untuk memindahkan material terhadap jarak menengah sampai jarak jauh (500 m atau lebih).

Material-material yang dimuat di didalam alat angkut ini di antaranya batu bara, tanah urug, pasir, batu split, nikel, bijih besi sampai sampah.

Untuk ciri khasnya, dump truck  dilengkapi dengan piranti pembantu hidrolik yang terpasang di bawah bak dump truck didalam posisi tidur dengan bagian belakang berengsel, bagian depan bak yang dapat diangkat memungkinkan isi yang dibawa didalam bak dump truck dengan mudah ;langsung diturunkan di belakang truk di daerah pengiriman.

Di Inggris dan Australia sendiri istilah tersebut berlaku hanya untuk offroad dan pekerjaan konstruksi saja. Sementara di jalur raya kendaraan ini dikenal sebagai tipper, truck tipper (Inggris) dan tip truck (Australia)

Dalam catatan sejarah, Dump truck pertama kali diperkenalkan oleh Robert T. Mawhinney

pada 1920 di Saint John, New Brunswick. Ketika itu Robert T. Mawhinney memasang kotak dump terhadap sebuah truk dengan bak style rata (flatbed).

Pada sementara itu perangkat yang dipakai untuk mengangkat adalah sebuah winch yang dihubungkan dengan kabel dan puli katrol yang terpasang terhadap tiang di belakang kabin truk. Kabel dihubungkan ke ujung depan bawah kotak dump truck yang dilekatkan oleh pivot di bagian belakang kabin truk.

Selanjutnya operator menjalankan engkol untuk menaikkan dan turunkan kotak. Saat ini, hampir seluruh dump truck dioperasikan oleh hidrolik yang dipasang didalam bermacam konfigurasi yang kemudian tiap-tiap dirancang untuk merampungkan tugas tertentu.

Dump truck sendiri terdiri dari bermacam macam  tipe,  di antaranya  dump  truck  roda empat dengan berat payload 2 ton – 3 ton, articulated dump truck untuk pekerjaan berat, dan dump truck dengan perlengkapan drawbar yang mempunyai berat sampai 50-60 ton lebih.

Apabila truck tersebut digunakan untuk mengangkut kayu umumnya disebut logging truck. Muatannya  diisikan oleh alat pemuat, sedang untuk membongkar muatan dump truck dapat bekerja sendiri, ditinjau dari besar muatan

Di samping itu, dump truck dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu, on high way dump truck dan off high way dump truck.Untuk style on highway muatannya lebih kecil dari 20 m3 danmengfungsikan roda penggerak depan belakang (four wheel drive).

Namun, tersedia termasuk yang dilengkapi dengan roda penggerak belakang saja (rear wheel drive). Sedangkan untuk style off high way dump truck muatanya lebih besar 20 m3 dan terkandung banyak karakteristik yang mengikuti Jual Dump Truck.

Sementara itu, untuk klasifikasi dan langkah kerja dump truck sendiri didasarkan terhadap bermacam faktor. Seperti  ukuran, style mesin dan bahan bakar,  jumlah roda, as dan langkah penyetiran, metode pembongkaran muatan, kapasitas, dan sistem pembongkaran.